Cara Membuat Gerabah


Gerabah Gelas
Cara Membuat Gerabah Sesuai Urutan Proses.

  1. Pemilihan tanah liat. Proses paling awal dari pembuatan gerabah adalah pemilihan tanah yang bagus dan lembut, Tanah liat yang baik berwarna merah coklat atau putih kecoklatan.
  2. Persiapan tanah liat. Lalu  disiram air hingga basah merata kemudian didiamkan selama satu hingga dua hari. Setelah itu, kemudian tanah liat digiling agar lebih rekat dan liat. Terdapat dua system yaitu secara manual dan mekanis. Proses manual dilakukan dnegan cara menginjak-injak tanah liat hingga menjadi ulet dan halus. Sedangkan proses secara mekanis dengan menggunakan mesin giling. Untuk mendapatkan Hasil terbaik maka menggunakan proses giling manual.
  3. Proses pembentukan. Setalah melewati kedua tahap tersebut, maka tanah liat siap dibentuk sesuai dengan keinginan.
  4. Penjemuran. Setelah bentuk akhir telah terbentuk, maka diteruskan dengan penjemuran. Sebelum dijemur di bawah terik matahari, gerabah yang sudah agak mengeras dihaluskan dengan air dan kain kecil lalu dibatik dengan batu api.Gerabah Bentuk Ayam
  5. Pembakaran. Setalah gerabah menjadi keras dan benar-benar kering, kemudian banyak gerabah dikumpulkan dalam suatu tempat atau tungku pembakaran. Gerabah-gerabah tersebut kemudian dibakar selama beberapa jam hingga benar-benar keras. Proses ini dilakukan agar gerabah benar-benar keras dan tidak mudah pecah. Bahan bakar yang digunakan untuk proses pembakaran adalah jerami kering, daun kelapa kering ataupun kayu bakar.
  6. Penyempurnaan. Dalam proses penyempurnaan, gerabah jadi dapat dicat dengan cat khusus atau diglasir sehingga terlihat indah dan menarik sehingga bernilai jual tinggi.

Anda Bisa Menghubungi kami melalui

HP : 0878 396 10010
BB : 28E8D933
FB : Putrisouvenir.com
YM/email : putri.souvenir [at] yahoo.com
Website : http://putrisouvenir.com
Twiiter : @putrisouvenir

Leave a comment